Profil
22 Feb 2022 1408

IDENTITAS SEKOLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DATA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Keadaan Guru Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Keadaan Guru Berdasarkan Bidang Ajar
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DATA PESERTA DIDIK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2. Jumlah peserta Didik Berdasarkan Usia |
|||
Usia |
L |
P |
Total |
< 6 tahun |
0 |
0 |
0 |
6 - 12 tahun |
24 |
30 |
54 |
13 - 15 tahun |
128 |
106 |
234 |
16 - 20 tahun |
3 |
1 |
4 |
> 20 tahun |
0 |
0 |
0 |
Total |
155 |
137 |
292 |
3. Jumlah Siswa Berdasarkan Tingkat Pendidikan |
|||
Tingkat Pendidikan |
L |
P |
Total |
Tingkat 8 |
39 |
41 |
80 |
Tingkat 9 |
67 |
49 |
116 |
Tingkat 7 |
49 |
47 |
96 |
Total |
155 |
137 |
292 |
PROGRAM BOARDING SCHOOL
BAITUL QURAN ASTRA INSANI
Nabi bersabda, (Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.) Sabda yang lain, (Sebaik-baik manusia adalah yang belajar dan mengajar Alquran.)
Upaya untuk mewujudkan sabda Rosul tersebut, insan-insan PGRI, khususnya yang berkecimpung di SMP PGRI Astra Insani mencetuskan program unggulan berupa Tahfidzul Quran. Program ini berupa aktivitas menghafal Al-Quran Juz ke-30 dari Al-Quran selama kurun waktu 24 bulan. Sejak tahun pelajaran 2014-2015, Alhamdulillah menghasilkan Huffaadz alquran juz ke-30 sebanyak 51 orang.
Dalam rangka meningkatkan nilai manfaat bagi manusia lain dan meningkatkan semangat dakwah dalam belajar dan mengajar Alquran, mulai tahun pelajaran 2018-2019, insan-insan PGRI, khususnya yang berkecimpung di SMP PGRI Astra Insani mencetuskan program Boarding school
Baitul Quran SMP PGRI Astra Insani
Program ini merupakan penajaman Program Tahfidzul Quran yang sudah ada. Bedanya, Program ini berupa aktivitas menghafal Al-Quran 30 Juz, mengamalkan, dan membudayakan nilai-nilainya dalam sikap hidup sehari- hari yang berbasis hunian, lingkungan, dan komunitas. Program ini merupakan embrio dan gerbang membangun kemandirian masyarakat dengan dakwah Al-Qur’an agar terwujud masyarakat madani yang punya nilai-nilai keislaman dalam wujud perilaku kehidupan.